Jumat, 21 Desember 2012

koperasi sekolah dan koperasi jujur


KOPERASI SEKOLAH DAN KOPERASI JUJUR

Disini saya ingin menceritakan tentang koperasi di sekolah SMA saya, koperasi di SMA saya ada 2 yang pertama Koperasi sekolah dan yang kedua bernama Koperasi Jujur. Untuk koperasi sekolah, koperasinya berada dilantai bawah. Walaupun koperasinya tidak begitu besar, namun apa yang dijual di dalamnya itu sangat lengkap, dari mulai alat tulis, baju seragam, dasi, topi dan keperluan sekolah lainnya. Pengurus koperasinya juga terdiri dari guru dan ada juga siswa yang dipilih atau sukarela yang menjaga koperasi tersebut.
Harga yang ditetapkan di koperasi sekolah saya dulu juga standar, tidak terlalu mahal sehingga tidak memberatkan siswa. Koperasi sekolah memang sangat bermanfaat bagi siswa-siswinya karena mempermudah siswanya untuk bisa memenuhi kewajiban sekolah tanpa harus ke pasar. Contoh lain misalnya saat upacara bendera pada hari Senin, kadang ada siswa yang lupa membawa dasi atau topi, maka dari itu sebelum upacara dimulai, ia bisa membeli dasi atau topi di koperasi agar tidak terkena hukuman saat upacara karena beratribut tidak lengkap.
Kemudian yang kedua di sekolah saya juga ada koperasi jujur, koperasi ini juga terletak dilantai bawah. Koperasi ini juga menyediakan alat tulis, serta keperluan sekolah lainnya. Koperasi ini dinamakan koperasi jujur karena tidak ada yang menjaga dan melayani koperasi tersebut, siswa yang ingin membeli bisa mengambil sendiri dan melihat harga yang telah ditempel di dinding, dan membayarnya dengan meletakkan uangnya ditempat yang telah disediakan, jika ada kembalian, ya harus ambil sendiri pula uang kembaliannya. Maka dari itu dinamakan koperasi jujur, karena dengan seperti ini akan terbukti mana siswa yang jujur dan mana yang tidak jujur. Namun, siswa sedikit yang belanja di koperasi jujur ini, siswa lebih sering belanja di koperasi sekolah yang biasa. Padahal manfaatnya sama dengan koperasi sekolah biasa.
Sebelumnya juga pernah di sekolah saya dibuat kantin jujur, cara pebayarannya sama dengan koperasi jujur yaitu tidak ada yang menjaga dan melayani koperasi tersebut, siswa yang ingin membeli bisa mengambil sendiri dan melihat harga yang telah ditempel di dinding, dan membayarnya dengan meletakkan uangnya ditempat yang telah disediakan, jika ada kembalian, ya harus ambil sendiri pula uang kembaliannya. Yang dijual di dalam kantin jujur hanya makanan-makanan ringan saja. Namun kantin jujur ini tidak bertahan lama, disebabkan karena bangkrut yang berasal dari ketidakjujuran siswa, akahirnya kantin jujur di tutup. Namun koperasi jujur dan koperasi sekolah tetap terbuka dan tetap mempunya tujuan untuk mensejahterahkan siswa-siswi sekolahnya  J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar