Jumat, 21 Desember 2012

perkembangan rokok yang semakin merajalela di kalangan remaja


PERKEMBANGAN ROKOK YANG SEMAKIN MERAJALELA DI KALANGAN REMAJA
                                       
            Perkembangan rokok sampai saat ini sangat melesat apalagi di kalangan remaja. Saya sangat sedih melihat para remaja zaman sekarang yang sudah kecanduan rokok. Mereka belum sadar padahal dengan merokok itu sama saja membakar uang dan paru-paru mereka sendiri. Saya khawatir beberapa tahun lagi bagaimana kondisi masa depan kita. Saya saja yang termasuk masih remaja sedih jika melihat teman saya yang kecanduan rokok, bahkan lebih memilih merokok daripada makan pada saat jam istirahat. Memang merokok itu hal yang wajar bagi kaum pria, namun dampaknya tidak baik bagi orang lain dan dirinya sendiri.
          Contohnya berdampak bagi orang lain itu saat ia naik kendaraan umum, di dalam kendaraan umum itu banyak orang yang bisa terdiri dari anak kecil, ibu hamil, orang sakit. Dan jika ia merokok di dalam angkutan umum tersebut, pasti orang lain di dalamnya menjadi perokok pasif. Perokok pasif juga membahayakan untuk paru-paru, karena asap rokok yang di hirupnya. Dan contoh dampak untuk dirinya sendiri yaitu lama kelamaan paru-parunya akan menjadi hitam karena rokok tersebut, dampaknya memang tidak sekarang, namun beberapa tahun lagi dampaknya.
        Apalagi zaman sekarang tidak hanya pria yang merokok, namun wanita juga mulai banyak yang merokok. Padahal dampak merokok bagi wanita itu sangat berbahaya, tidak hanya merusak paru-paru namun juga bisa membahayakan janin jika sedang mengandung.
       Biasanya mereka yang berhenti merokok ketika sudah mulai sakit atau sudah berumur, namun jika belum sakit dan belum berumur mereka belum mau berhenti merokok. Saat ini anak SMP saja sudah banyak yang merokok, padahal mereka tidak tahu dampak ke depannya buruk bagi mereka sendiri. Biasanya mereka melakukan itu karena pergaulan yang tidak terkontrol dengan baik, dan juga karena kurangnya informasi tentang rokok. Oleh karena itu saya sangat senang jika di sekolah atau universitas itu mengadakan seminar atau pembahasan tentang dampak rokok bagi kesehatan. Karena hanya cara itu yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi kecanduan rokok tersebut.
      Tanpa mereka sadari mereka merokok itu hanya membakar uang mereka sendiri, jika ia tidak merokok mungkin uang itu bisa digunakan untuk yang lain yang lebih bermanfaat, dengan begitu ia juga membantu kondisi ekonomi keluarga mereka, bukan malah membakar uang dengan cara merokok. Namun, memang susah jika ingin menghentikan kebiasaan merokok, harus dilakukan dengan niat terlebih dahulu.
      Sampai saat ini belum ada cara penanggulangan rokok yang benar-benar mampu membuat masyarakat kapok akan merokok. Maka dari itu mulai sekarang kita harus saling mengingatkan kepada teman, saudara, adik atau kakak kita yang merokok untuk segera dihentikan, agar tidak menjadi dampak yang buruk untuk masa depan mereka dan mewujudkan generasi Indonesia yang sehatJ


Tidak ada komentar:

Posting Komentar